Kumpulan Artikel Berbagai Kategori

Selasa, 05 Februari 2013

Komponen Penting pada Motor



Sepeda motor saat ini berbeda dengan yang dahulu, sekarang motor sudah mencakup komponen berteknologi tinggi yang membuatnya sangat berbeda dari model-model sebelumnya. Sebuah sepeda motor dapat digambarkan sebagai kombinasi dari sistem, yang masing-masing membutuhkan bagian tertentu untuk berfungsi dengan baik.

Drivetrain

     Sebuah sepeda motor ini didukung oleh drivetrain. Ini termasuk mesin, yang hampir selalu merupakan mesin pembakaran internal yang menggunakan bensin sebagai bahan bakar konvensional. Mesin sepeda motor biasanya terpusat dipasang di bawah kursi pengemudi. Sebuah karburator memadukan bahan bakar dengan udara sebelum ditarik ke akhir untuk pembakaran, meskipun beberapa model high end sekarang menggunakan injeksi bahan bakar di tempat karburator.
      
     Sebuah mesin sepeda motor menyampaikan daya ke roda belakang melalui transmisi. Transmisi itu sendiri melekat pada mesin, dan dioperasikan oleh tuas pergeseran (biasanya tuas melekat pada salah satu setang) dan kopling (biasanya pedal yang dioperasikan oleh kaki kiri). Sistem menghubungkan transmisi ke roda belakang (final drive) bervariasi pada berbagai jenis sepeda motor, dan mungkin rantai atau ikat pinggang, atau poros yang solid.

Roda dan Ban

     Secara tradisional, roda sepeda motor menampilkan jeruji baja, namun, saat ini, cor aluminium roda yang umum. Paduan lainnya juga ditemukan pada beberapa model. Karena konfigurasi penggerak roda belakang, roda belakang mungkin lebih besar, atau setidaknya lebih luas, dibandingkan dengan roda depan, yang sempit untuk kemudi ditingkatkan. Ban pneumatik, dan sering menggunakan tabung karet tiup dalam tapak karet tebal. Pola tapak bervariasi, dan dirancang untuk mengemudi pada permukaan yang berbeda, atau di bawah kondisi yang berbeda.
 
     Sepeda motor dapat fitur baik rem drum atau disk. Biasanya, rem cakram yang ditawarkan pada model high end atau sepeda motor lebih berat yang memerlukan rem lebih kuat. Rem dikendalikan oleh sistem hidrolik yang diaktifkan oleh tuas stang atau kaki. Beberapa sepeda motor juga fitur sistem anti-lock brake seperti yang digunakan dalam mobil dan truk.

Frame dan Suspensi

    Produsen sepeda motor menggunakan beberapa konfigurasi untuk chassis yang berfungsi sebagai dasar untuk sepeda motor. Baja dan aluminium yang digunakan dalam konstruksi frame sepeda motor yang paling. Dekat bagian depan frame, kepala tabung berisi struktur vertikal dari garpu depan, yang melekat pada setang atas ke bawah roda depan. Seringkali, mesin itu sendiri merupakan bagian terpadu dari frame, membantu untuk menghubungkan komponen di depannya kepada mereka di belakangnya.
 
    Beberapa sepeda motor, seperti gaya "chopper", menggunakan kerangka yang kaku tanpa suspensi belakang. Kebanyakan gaya lain fitur baik suspensi depan dan belakang dalam bentuk peredam kejut terletak di dalam garpu atau hanya di atas roda. Sepeda motor yang dirancang untuk off-road mungkin mencakup sistem suspensi yang lebih kuat menampilkan peredam kejut kinerja tinggi atau pegas koil tambahan.

Listrik Sistem

    Sepeda motor modern dapat memiliki sistem listrik sangat kompleks. Baterai sepeda motor diposisikan di sejumlah tempat, di mana pun desain motor memungkinkan ruang bagi mereka untuk dipasang. Beberapa komponen listrik yang paling dasar adalah lampu, yang meliputi lampu, lampu belakang, sinyal terarah dan lampu rem. Selain pencahayaan, instrumentasi merupakan bagian penting dari sistem listrik. Ini termasuk speedometer, tachometer dan odometer. Sebuah pengukur bahan bakar yang kurang umum, tetapi termasuk pada beberapa model. Pengukur tekanan oli, pengukur suhu mesin dan data penuh perjalanan komputerisasi pusat juga tersedia di sepeda motor tertentu. Radio atau sistem navigasi GPS mungkin menjadi bagian dari instrumentasi sepeda motor ini. Beberapa mesin modern juga memiliki fitur sistem listrik lebih dari sekedar busi. Fuel injector, sensor suhu dan variable valve timing semua sistem mesin opsional yang dapat menggunakan sistem listrik.

Bagian lainnya

     Selain itu fitur sistem pembuangan
sepeda motor yang relatif sederhana, tangki gas dan permukaan pada tempat duduk. Komponen lain dapat ditambahkan untuk membedakan satu model dari yang lain, atau untuk mempersiapkan sepeda motor untuk jenis tertentu dari mengemudi. Bodywork plastik atau fiberglass sering memberikan penampilan sepeda motor ramping dan profil aerodinamis, saat melakukan tujuan praktis sedikit. Fairings, yang mungkin termasuk kaca depan, melayani tujuan yang sama, sementara memberikan perlindungan untuk si pengemudi.
 
   

0 komentar: